Home > Author, EKONOMI PEMBANGUNAN PERTANIAN, Ilmu Amaliah, starts small! > TUTORIAL EKONOMI PEMBANGUNAN PERTANIAN: Alih Fungsi Lahan Pertanian

TUTORIAL EKONOMI PEMBANGUNAN PERTANIAN: Alih Fungsi Lahan Pertanian

Tutorial mata  kuliah ekonomi pembangunan pertanian hingga saat ini masih belum disepakati oleh tim teaching. Namun demikian, khusus untuk kelas yang saya ampu bersama ibu Ir. Hesti Rukmiati Wijaya, PhD. semua materi perkuliahan dan rancangan tugas yang harus Anda kerjakan baik secara individual maupun berkelompok dapat Anda akses dari lecture blog ini. Berikut ini materi tutorial bertema sumberdaya lahan.

Di Indonesia pada umumnya dan di Provinsi Jawa Timur khususnya, masalah alih fungsi lahan pertanian menjadi lahan non pertanian adalah masalah yang sangat serius. Agenda agraria di Indonesia hampir tidak pernah menjadi prioritas. Di saat negara-negara lain di kawasan Asia sudah lama menetapkan kebijakan pembangunan perumahan secara vertikal, Indonesia masih memungkinkan pengembangan properti perumahan secara horisontal. Hingga saat ini hampir tak terbayangkan berapa ribu hektar lahan kelas A yang berubah menjadi padang golf, resor dan perumahan elit.

Sumberdaya lahan adalah salah satu sumberdaya alam yang jumlahnya tetap dan cenderung menyusut. Di bawah kondisi tekanan penduduk yang semakin besar, laju peningkatan kebutuhan pangan meroket dengan besaran yang tak terbayangkan. Bagaimana pemenuhan kebutuhan pangan ini diselenggarakan? Salah satu tutorial kita akan mengambil temadiskusi alih fungsi lahan. Silahkan mempelajari referensi berikut sebagai bahan diskusi.

resume 

regulasi

konflik lahan perkebunan;

reforma agraria;

Land Reform, Income Redistribution, and AgrProd in Korea sdh

 

 

 

 

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.
CAPTCHA Image
*