BERANDA: Start Small!

January 26th, 2021 Leave a comment Go to comments

START SMALL!

Selalu mulai dari langkah kecil, sebab tak ada lompatan tanpanya. Belajar adalah berubah! Karena tak ada yang abadi di dunia ini selain perubahan maka belajar adalah abadi, berlangsung sepanjang hayat, sebagaimana pesan pertama ke Islaman: ‘IQRA!’ Belajar adalah sebuah kewajiban beribadah yang tak memiliki masa gugur sebab ibadah yang satu ini dimulai sejak bayi masih berada dalam kandungan ibunya hingga tiba masanya seorang manusia dihantarkan ke liang lahatnya masing-masing.

Belajar dimulai dengan kegiatan membaca! Membaca dalam konteks proses belajar lebih bermakna menghimpun informasi. Ada banyak cara dan sumber belajar. Bayi belajar mengenali ibunya dari aroma air susu ibu yang memuaskan dahaga dan rasa laparnya. Seorang bocah belajar berinteraksi dengan kakak adiknya dengan mengamati bagaimana kakak adiknya bermain. Para remaja putri belajar berpakaian dari pesohor yang menjadi idolanya. Dalam setiap detik hidup kita sebagai manusia, arus informasi terus menerus memasuki hidup kita. Dengannya kita tak pernah berhenti belajar.Proses belajar mengajar mengantarkan manusia ke puncak peradabannya. Mungkin dengan alasan inilah manusia berhak menyandang nama Homo Sapiens, manusia bijaksana. Namun jangan lupa! Selain disebut sebagai Homo Sapiens, manusia juga Homo Ludens, manusia bermain. Karakteristik ini kemudian melatarbelakangi para pakar pendidikan untuk menggabungkan kegiatan belajar dan bermain ke dalam konsep edutaintment. Blog dan segala aktivitas manusia di dunia masa kini yang dimungkinkan oleh semakin canggihnya teknologi komunikasi dan informasi, merupakan salah satu implementasi konsep edutaintment ini.

Mari belajar bersama saya. Mari mulai dari hal-hal sederhana. Membuka cakrawala ilmu pengetahuan, berbagi informasi, tumbuh dan berkembang bersama dalam suka cita. Semoga apa yang saya kontribusikan melalui lecture blog ini bermanfaat bagi Anda. Terimakasih telah mengunjungi blog ini. Sumbang saran bagi penyempurnaan content sangat saya nantikan.

Paragraf ini tercatat saya update  pada 30 Oktober 2012, delapan tahun silam. Waktu berjalan sangat cepat, dan official lecture blog ini sempat terbengkalai sekian lama. Pandemi Covid-19 lah, yang lantas menjadi reminder bahwa proses belajar mengajar daring menjadi sebuah kebutuhan. Jauh lebih besar dari masa sebelumnya. Tanpa mengabaikan sifat destruktif di semua lini, Covid-19 justru mempercepat adaptasi kita semua pada aspek penting revolusi industri 4.0, yakni IOT, internet of things. Saya sendiri sebagai generasi X yang hidup untuk menjadi saksi beragam perubahan jaman, tak pernah bermimpi untuk sampai pada tahapan di mana kelas-kelas klasikal di sekolah dan kampus menjadi kosong,  bermigrasi ke kelas-kelas virtual. Begitupun, perlu saya syukuri, official blog ini, di masa-masa awal saya memilikinya, dapat menjadi latihan yang efektif sehingga sekarang saya tak harus terlalu gagap teknologi untuk menyesuaikan diri.

TATIEK KOERNIAWATI ANDAJANI

Pengajar di Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya

 

 

  1. April 8th, 2012 at 21:35 | #1

    ini, yang seharusnya di jalin aarnta Dunia Usaha dengan Pihak Fakultas, agar nantinya terjalin Link yang berguna bagi lulusan2 unijoyo.baik di fakultas2 di unijoyo.mohon perhatianutk Teknik, krn saya mahasiswa teknik. mohon nantinya kami dibantu.terims

  1. No trackbacks yet.
You must be logged in to post a comment.