EKONOMI PEMBANGUNAN PERTANIAN

March 27th, 2017 Leave a comment Go to comments

Ekonomi pembangunan pertanian sejatinya merupakan integrasi dari dua mata kuliah yaitu ekonomi pembangunan dan pembangunan pertanian. Pendekatan kurikulum berbasis kompetensi selanjutnya melebur kompetensi dua mata kuliah ke dalam satu mata kuliah yang disampaikan dengan metode yang lebih ekletik. Saat ini ekonomi pembangunan pertanian diajarkan kepada mahasiswa Program Studi Agribisnis FP UB semester 4. Mata kuliah ini secara paralel diajarkan pada semester yang sama dengan mata kuliah ekonomi makro. Perspektif makro ekonomi juga menjadi modal utama bagi mahasiswa untuk dapat memahami bahan-bahan kajian ekonomi pembangunan pertanian secara lebih komprehensif.

Rencana Program Kegiatan Pembelajaran Semester (RPKPS) Ekonomi Pembangunan Pertanian, dapat Anda unduh di bawah ini:

RKPS EPP SMT GENAP 2012-2013

Untuk TM 1 dan TM 2, materi masih bersifat review dan pendalaman materi dari beberapa bahan kajian Pengantar Ekonomi Pertanian terkait dengan Peran Pertanian dan Sumberdaya Pertanian. Mahasiswa disarankan membaca ulang modul Pengantar Ekonom Pertanian dan bahan kajian dari sumber lain yang relevan. Beberapa materi ppt dapat diunduh di bawah ini berikut bahan bacaan sebagai pengayaan materi:

Perkuliahan 1

Perkuliahan 2

Perkuliahan3

Medio, 27 Maret 2017

Ekonomi Pembangunan Pertanian sebagai catatan, merupakan salah satu kategori applied economics yang dibentuk sebagai akumulasi beragam bahan kajian dalam format pembelajaran dengan kurikulum berbasis kompetensi (KBK). Tidak heran jika kemudian dalam eksekusi proses belajar mengajar yang dilaksanakan terkesan terjadi mixed orientation. Mata kuliah ini harus diakui merupakan mata kuliah ekletik yang fenomenal. Ruang lingkup kajiannya menjadi sangat luas, sehingga pada pola pembelajaran Tatap Muka sebanyak 14 kali, tak banyak konten materi yang dapat disampaikan tuntas.

 

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.
CAPTCHA Image
*