EKONOMI PRODUKSI PERTANIAN

March 27th, 2017 Leave a comment Go to comments

Modul perkuliahan, tutorial dan praktikum untuk mata kuliah Ekonomi Produksi Pertanian telah diupload di www.elearning.fp.ub.ac.idSebagai materi pengayaan dan referensi, khusus untuk kelas yang saya ampu wajib mengunduh beberapa artikel yang saya upload di blog ini.

RKPS FINAL

modul_final_ekopro_1

modul_final_ekopro_2

modul_final_ekopro_3

modul_final_ekopro_4

modul_final_ekopro_5

Ekonomi Produksi Pertanian atau yang lebih dikenal dengan akronim ekopro adalah salah satu mata kuliah wajib pada Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya. Bobot perkuliahan adalah 3 sks terdiri dari 2 sks perkuliahan dan 1 sks tutorial/praktikum. Terdapat tiga terminologi konseptual yang menjadi dasar bagi ruang lingkup kajian Ekonomi Produksi Pertanian: 1)ekonomi;2)produksi;3)pertanian.

Ekonomi secara umum merupakan ┬ásalah satu cabang ilmu sosial. Sebagai ilmu sosial, ekonomi mengkhususkan mempelajari perilaku manusia sebagai homo economicus, atau insan ekonomi. Ciri manusia ekonomi yang selanjutnya dijadikan asumsi dasar ilmu ekonomi adalah non satiation atau tidak mudah puas. Homo economicus yang cenderung bersikap hedonistik dapat dikenali dengan mudah dari kebutuhan dan keinginannya yang nyaris tanpa batas. Di sisi lain, alam menyediakan sumberdaya ekonomi sebagai pemuas kebutuhan dan keinginan manusia dalam kapasitas yang langka atau sangat terbatas. Kontroversi antara unlimited human’s wants and needs dan scarcity resources inilah yang mengharuskan manusia ekonomi membuat pilihan terbaik alokasi sumberdaya. Hal ini yang selanjutnya menjadi alasan ilmu ekonomi disebut sebagai the theory of choice.

Terminologi kedua, produksi didefinisikan secara teknis sebagai transformasi input menjadi output. Makna produksi dari perspektif ekonomi adalah peningkatan nilai tambah. Konteks produksi dalam ekonomi produksi pertanian dibangun dalam tiga pola yaitu pola relasi input-output; input-input dan output-output.

Terminologi ketiga, yaitu pertanian didefinisikan sebagai unit produksi biologis primer. Budidaya beragam komoditas pertanian pada prinsipnya menatakelolakan proses tumbuh kembang tanaman. Umur, kategori dan teknik budidaya yang berbeda juga membawa konsekuensi struktur biaya produksi yang berbeda.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.
CAPTCHA Image
*